Pidato Pemimpi Tidur

jadilah aku
seburuk-buruknya manusia laki-laki
tanpa titel di belakang nama
dan gaji tetap
uang diterima bulanan menutupi utang bulanan

hei, apa kabar pemimpi?
belum habiskah tidurmu
atau belum kelar mimpi-mimpi itu
apa manusia-manusia masih lebih senang melihat pangkat
ketimbang moral yang masuk akal?

perang sengit ini takkan selesai
tapi kalaupun mati ditengah jalan
aku akan mati
sebagai orang yang tidak tunduk pada norma normal
sebagai pejuang
walau sering bangun kesiangan
demi mimpi
dan yang lebih absurd dari itu
: harga diri

aku punya pena
aku punya sehelai kertas
aku punya malam berpurnama
orang kaya mana yang dapat
menandingi kedamaianku?

tak cukup emas segunung
untuk membeli kebebasan.

hanya ada dua jenis orang
: miskin dan merasa kaya


Nino Zulfikar

No comments:

Apa pendapatmu?

Powered by Blogger.